Wiwin's Zainy

"Seni tertinggi Guru adalah Membangun Kegembiraan dalam Ekspresi Kreatif dan Pengetahuan.........." (GURU PAI DI SMAS DIPONEGORO TUMPANG) Buku yang sudah terb...

Selengkapnya
SOSOK KH. AHMAD MASDUQI MAHFUDZ
Refleksi Haul Akbar🍀

SOSOK KH. AHMAD MASDUQI MAHFUDZ

Abah KH. Masduqi Mahfudz, adalah sosok Ulama' Sufistik Intelektual,Ulama' salaf sekaligus Dosen STAIN MALANG (UIN Maliki) Bahasa arab yang sangat mumpuni.

Terlihat dari keseharian beliau yang selalu menampakkan sikap waro'. Kesufian beliau selalu tampak dalam setiap tindakan dan perkataan,beliau tidak akan makan dari hasil makanan yang tidak halal,termasuk gaji PNS yang beliau terima tidak di masukkan dalam jatah makanan, tetapi di alokasikan bentuk lainnya. Beliau memerintahkan santrinya, niat menjadi PNS untuk berbakti pada egara bukan mencari penghasilan semata.

Penulis sangat ingat Abah sering kali ngendikan, apapun yang masuk dalam tubuh kita akan menjadi darah, makanan haram di cerna tubuh akan menjadi darah haram,darah haram akan menjadi energi yang haram juga. Energi ini sangat mempengaruhi perilaku kita,energi positif menjadikan kita giat beribadah,berperilaku positif mengarah dekat dengan kebaikan. Sebaliknya pula energi haram yang berasal dari makanan haram.

Abah Masduqi begitu biasa kami sapa, merupakan sosok teladan yang menyayangi santri santrinya bagaikan anaknya sendiri.

Tidak pernah membedakan darimana kami berasal, niat mondok untuk memperdalam ilmu pengetahuan agama. Mendekat pada Al quran.

Abah masduqi selalu mengajarkan kami semua hal2 utama sebagai bekal hidup di masyarakat, semisal contoh beliau adalah Ketua Rois am PBNU Jatim, aktif dalam keorganisasian.

Dua hal yang beliau ajarkan,jangan di tinggakkan : Baca Sholawat 1000 diatas sepertiga malam dan sholat Jamaah.

Dua hal mendasar yang menjadi acuan dan ajaran hidup setelah keluar dari pesantren.

Pesantren kami berada di tengah pusat Kota Malang..tetapi mengajarkan tradisi salaf, yang snagat menjunjung sopan santun,tata krama, mulai dari bahasa jawa krama alus, sikap tanduk dengan orang tua dan menquralkan ajaran al quran.

Beliau sangat mahir dalam ikmu bahasa arab,gramatikan dan nahwu shorof yang menjadi kekhasan pesantren kami.

Tgl 15 Desember 2018 besok adalah memperingati Haul Murabbi Ruhinaa KH.Abah Masduqi Mahfudz, semoga Allah senantiasa menempatkan Beliau di tempat sebaik2nya hamba.

#RefleksiHaulAbah

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali